0

SUKABUMI, INDONEWS – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, Sekretaris Daerah Kabupaten beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Sukabumi menghadiri upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 78 Tingkat dengan tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, di Lapangan Cangehgar Palabuhanratu, Kamis (5/10/23).

Upacara tersebut diikuti oleh ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, DPKP, pelajar,dan  ormas.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Dandim 0622/Kab. Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo S.Sos. M.S. Ia membacakan sambutan Panglima TNI yang menjelaskan bahwa TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun.

“Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik,” jelas panglima.

Panglima pun menjelaskan bahwa tema HUT ke 78 TNI diambil karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024.

BACA JUGA :  Wabup Sukabumi Serahkan Ijazah Peserta Wisuda YKPA Ad'dawah

“Prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,” terangnya.

Sementara itu, menurut Bupati Sukabumi, kedisiplinan dan kesolidan yang dimiliki oleh prajurit TNI harus diyakini oleh masyarakat sebagai penyemangat untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Tentunya kita berharap bahwa kesolidan TNI ini bisa diyakini oleh masyarakat di negeri ini untuk menjadi semangat mempertahankan kesatuan Republik Indonesia karena konsekuensi kedepan ini tantangannya sangat luar biasa sehingga keutuhan TNI dalam mempertahankan negara akan lebih sulit tanpa dibantu oleh peran masyarakat,” jelasnya. (Ndi)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Sukabumi