0

DEPOK, INDONEWS – Keluarga Besar Maluku Tenggara Raya (KBMTR) Kota Depok memperingati hari jadinya yang ke 2 tahun, sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023, di Balai Rakyat Jalan Bangau, Pancoranmas, Kota Depok, Sabtu 28 Nopember 2023.

Acara tersebut bertema “Semangat Hari Sumpah Pemuda, Membangun Kebersamaan dalam Keragaman, Kita Bangun Kota Depok Bersinergi yang Lebih Maju”.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum KBMTR Pusat Max Refwalau, Lienda Ratna Nurdianny Kepala Badan Kesbangpol, Frans Simorangkir Anggota DPRD kota Depok, Julius Sitanggang mantan penyanyi cilik tahun 80 an, Pengurus Timur Indonesia Bersatu (TIB),Rony Moriolkosu tokoh Ormas, H, Moren Ketua M1R, Ketua Petir, KBMTR se Jabodetabek, KBMTR Jawa Barat Barat.

Hari Jadi KBMTR ke 2 dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga menampilkan seni budaya dan kerajinan tangan asal Maluku Tenggara Raya.

Ketua Panitia, Vince Rosmery bersyukur perayaan HUT KBMTR terselenggara dengan baik.

“Kami mempersiapkannya dalam waktu yang terbatas, hanya dua minggu. Semua ini atas keterlibatan tim, panitia dan pengurus KBMTR,” katanya.

BACA JUGA :  SMAN 4 Depok Gelar Swis Open Karate Championship 2023

Ia mengucapkan selamat datang kepada Ketua Umum KBMTR Pusat, Lienda Ratna Nurdianny selaku Kepala Badan Kesbangpol Kota Depok, para ormas se Kota Depok dan para Pengurus KBMTR se Jabodetabek.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah memberikan dukungan.

“Semoga Tuhan memberikan rejeki dan membalas kebaikannya. Begitu juga terhadap tim panitia yang telah bersusah payah ikut mensukseskan terlaksana acara ini,” kata Vince Rosmery, yang akrab dipanggil Mak Uwa.

Sementara Ketua KBMTR Kota Depok, Rolis Yohanes Rahakbouw mengatakan, dengan Hari Jadi KBMTR Kota Depok ke 2 tahun, pihaknya senantiasa membuat yang terbaik untuk organisasi dan selalu siap berkontribusi serta bersinergi dengan Pemkot Depok untuk terus melanjutkan pembangunan.

“Soal Stigma orang Maluku premanisme, itu pun minsetnya akan kami perbaiki. Sebab ormas KBMTR senantiasa menjalin kemitraan dengan pihak instansi pemerintah maupun swasta serta dengan TNI/Polri dan elemen masyarakat,” kata Rolis Rahakbauw.

Rolis mengatakan, KBMTR juga memiliki kegiatan bakti sosial, seperti bantuan kemanusiaan bencana alam, kegiatan sosial kemasyarakatan.

BACA JUGA :  Gedung Warkah BPN Kota Depok Segera Terwujud, Indra Gunawan Paparkan Manfaatnya

KBMTR adalah organisasi yang siap berkiprah mengawal Pembangunan di Kota Depok tentu dengan program kegiatan yang KBMTR akan jalani.

“Terus terang saja, kesulitan kami adalah berkomunikasi dengan pihak Pemerintah Kota Depok berkaitan dengan seputar aspirasi yang akan kami sampaikan, diantaranya diantaranya soal produk kain tenun asli dari daerah kami,” ungkapnya.

Rolixs tegaskan bahwa KBMTR bukan organisasi pengemis ke dinas-dinas di Pemkot Depok. KBMTR selalu berinovatif dengan kreasi, potensi para pengurus dan anggota KBMTR.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum KBMTR, Max Refwalau juga memberikan sambutan bahwa Maluku Tenggara ini adalah satu kota, meski ada daerah Key dan daerah-daerah lainnya di beberapa tempat yang pernah dikunjungi pejabat dari Pusat Jakarta.

“Saya berharap KBMTR menjadi perekat, apalagi ukuran organisasi merupakan organisasi etnis yang keberadaannya di Ibukota,” ujarnya.

Lienda Ratnanurdianny selaku Kepala Badan Kesbangpol Kota Depok mengatakan, bahwa di Kota Depok ada 29 suku dan 357 organisasi kemasyarakatan yang berbeda-beda platformnya.

Meski demikian, perbedaan itu akan indah apabila kita rukun dan damai, berbeda tapi tetap satu yakni NKRI.

BACA JUGA :  Ruang Publik Terbuka, Depok Open Space Sebagai Tempat Bersahabat dan Ramah Bagi Warga Depok

Linda menyebut soal anggaran pembinaan, bahwa ada dana hibah  dan juga anggaran pokok pikiran dewa (Pomir), yang mana bisa digunakan untuk kegiatan ormas dalam bentuk program, namun program tersebut Pemerintah bisa memberi bantuan, di usulkan dalam bentuk proposal, setahun sebelumnya.

Lienda berharap, KBMTR yang usianya baru 2 tahun ini dapat berkolaborasi serta bersinergi dengan Pemerintah terutama dengan Kesbangpol Kota Depok yang membidangi ke ormasan.

“Selamat Hari Jadi ke 2 KBMTR semoga selalu eksis dan sukses dalam menjalankan program organisasinya,” tutupnya. (Gustini)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Depok