0

SUKABUMI, INDONEWS – Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, bertindak sebagai pembina apel dalam peringatan Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama (Kemenag) dengan tema “Indonesia Hebat Bersama Umat” pada Rabu, 3 Januari 2024. Apel diselenggarakan di MAN 2 Kota Sukabumi.

Apel peringatan Hari Amal Bhakti ke-78 Kemenag ini diikuti oleh Forkopimda Kota Sukabumi, seluruh jajaran Kemenag Kota Sukabumi, para guru madrasah, para tokoh agama, dan organisasi mitra Kemenag. Apel ini juga diisi dengan penyerahan penghargaan kepada pemenang kejuaraan.

Dalam apel tersebut, Kusmana Hartadji menyampaikan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Sambutan berisi ajakan agar seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kepada seluruh umat beragama.

Kusmana Hartadji menyebutkan, tugas dan peran Kementerian Agama tidaklah ringan, salah satunya adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan bangsa.

Tugas ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama.

Melalui berbagai program reguler dan Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama, Kementerian Agama terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada mereka. Hasilnya sudah mulai terlihat, di antaranya:

BACA JUGA :  PPK Cicurug Distribusikan Logistik Pemilu ke Tiap Desa, Dikawal Aparat

Moderasi Beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama.

Transformasi Digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kementerian Agama dan lembaga-pendidikan keagamaan.

KUA sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan.

Pesantren-pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi.

Cyber University sudah on the track.

Kerukunan umat beragama pun semakin meningkat.

Namun, Penjabat Wali Kota Sukabumi, dalam sambutan tersebut mengingatkan bahwa keberhasilan-keberhasilan itu bukan tanpa kekurangan. Masih banyak yang harus dibenahi dalam rangka perbaikan program mendatang.

Oleh karena itu, Kusmana Hartadji mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan mereka kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang diusung pada HAB ke-78 ini. Ini bermakna bahwa Kementerian Agama harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat.

Tahun 2024, Indonesia akan menghadapi Pemilihan Umum. Dalam kesempatan ini, Kusmana Hartadji mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan.

BACA JUGA :  Ultah Ke-3, Komunitas Beddil Berikan Santunan pada Ratusan Anak Yatim

Dengan netralitas, akan tercipta suasana kondusif di tengah masyarakat. Pemilihan umum harus dikawal dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan.

Sosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena madharat-nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita.

Sementara itu, di acara yang sama, Kepala Kementerian Agama Kota Sukabumi, H. Samsul Puad membacakan sejarah singkat Kementerian Agama Kota Sukabumi. Berbagai prestasi tingkat kota, regional, nasional, hingga internasional telah diraih oleh Kemenag Kota Sukabumi.

“Prestasi yang baru saja diraih adalah juara ketiga lomba kaligrafi internasional  di Malaysia,” tutur H. Samsul Puad. (Ndi)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Sukabumi