0

SUKABUMI, INDONEWS | Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 tingkat Kota Sukabumi digelar di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024).

Bertindak selaku pembina upacara Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji.

Hadir dalam momen tersebut Pj. Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Diana Rahresti, Pimpinan DPRD Kota Sukabumi, unsur Forkopimda Kota Sukabumi, Ketua PGRI Kota Sukabumi. Sementara Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Pada momen itu pula diberikan penghargaan kepada guru atau tenaga pendidik dan siswa berprestasi.

Serta penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada kepala sekolah. Di upacara ini disampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam hari pendidikan nasional 2 Mei 2024.

“Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbudristek. Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadari kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memamjukan pendidikan Indonesia,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, mengutip sambutan menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.

BACA JUGA :  Bahas Kerja Sama Sistem Digitalisasi Data, Indonesia Indicator Temui Wabup Sukabumi

Dijelaskan Kusmana, bukan hal yang mudah untuk mentransformasikan sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

“Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” katanya.

“Kemudian ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni Pandemi Covid-19. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis,” tambahnya.

Kusmana menuturkan, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan.

“Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat,” ungkapnya.

“Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama. Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” paparnya. (Ndi)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Sukabumi