0

SUKABUMI, INDONEWS | Satuan Linmas memiliki peran penting di masyarakat. Oleh karena itu, kapasitasnya perlu ditingkatkan melalui kegiatan positif, salah satunya melalui bimbingan teknis.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji saat membuka Bimbingan Teknis Linmas Kelurahan Baros, Kamis, 1 Februari 2024.

Acara yang diselenggarakan di Aula Kantor Kelurahan Baros tersebut dihadiri oleh Camat Baros, Hendaya, Lurah Baros Erwan Hermawan, Komisioner KPU Kota Sukabumi Seni Soniansih, Kesbangpol Rudi Hartono, Danramil Baros, dan 55 orang Linmas Kelurahan Baros.

Dalam sambutannya, Kusmana mengatakan, Satuan Linmas memiliki peran penting dalam menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan masyarakat.

Oleh karena itu, satuan linmas harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tugas dan fungsinya. Salah satu cara implementasinya adalah melalui bimbingan teknis.

Satuan linmas harus dibekali oleh pengetahuan agar kompetensinya terus meningkat. Dengan pengetahuan yang mumpuni, para Linmas akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

“Kita harus tegas, termasuk membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat. Keberadaan Satuan Linmas ini telah diatur oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat. Jadi tidak sembarangan, keberadaan Linmas diatur mulai dari mekanisme, perekrutan, keanggotaan, tugas, kewajiban, dan hak para Linmas,” tutur Kusmana Hartadji.

BACA JUGA :  Soal Berita Dugaan SDN Setor BOS ke K3S, Ketua PGRI Cicurug: Itu Tidak Benar

Pemilu serentak 2024 tinggal belasan hari lagi. Selain memiliki pengetahuan, Penjabat Wali Kota Sukabumi juga mengharapkan para Lismas harus memiliki fisik prima. Pengamanan Pemilu 2024 bukan hanya tugas pemerintah, juga menjadi tugas bersama.

“Munculkan kekompakan dan kebersamaan. Linmas juga memiliki peran penting dalam penanggulangan bersama bersama BPBD,” tambahnya.

Di era sekarang, laju informasi begitu cepat. Laporan dari masyarakat dapat mudah diterima oleh pemerintah dan menyebar begitu cepat. Hal ini mesti diimbangi oleh respon cepat dari para Linmas.

“Bimbingan teknis para Linmas Kelurahan Baros ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Linmas. Saya berharap, pengetahuan yang didapat hari ini disebarkan juga kepada para Linmas lainnya. Tetap jaga kekompakan, ikhlas dalam melaksanakan tugas,” tambah Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Kusmana Hartadji memberikan apresiasi dan dukungan terhadap peran Linmas yang akan menjalankan tugas dalam pengamanan TPS pada tanggal 14 Februari 2024 nanti.

“Hal paling penting dalam menjalankan tugas, saya berharap para Linmas tetap diberikan kesehatan. Jaga kesehatan, ya,” pungkas Kusmana Hartadji.

BACA JUGA :  Najma, Putri Wali Kota Sukabumi Jadi Lulusan Terbaik Program Google Bangkit Kampus Merdeka

Lurah Baros, Erwan Hermawan, dalam laporannya memaparkan, bimbingan teknik untuk Satuan Linmas Kelurahan Baros yaitu untuk meningkatkan kapasitas Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kelurahan Baros.

“Bimbingan teknis Linmas ini juga bertujuan agar tumbuh kesadaran dari masyarakat terhadap keberadaan Satuan Linmas kemudian muncul kecintaan terhadap profesi Linmas,” kata Erwan.

Satuan Linmas merupakan garda paling depan, komunikasi efektif antara masyarakat dengan Linmas diharapkan mampu menjadi aktor pertama dalam penanggulangan bencana dan masalah-masalah sosial di masyarakat. (Ndi)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Sukabumi