0

SUKABUMI, INDONEWS – Untuk menjalankan roda pemerintahan desa, diperlukan sumber daya manusia (SDM) ungggul dan tanggguh.

Peningkatan SDM bagi perangkat desa juga sangat perlu. Seperti halnya Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi tahun 2023, Jumat (15/12/2023).

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Desa Caringin Farid Rudin, Kasi Kecamatan Cicurug Ludi sekaligus sebagai narasumber dan memberikan motivasi kepada perangkat Desa Caringin.

“Pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa ini selama 2 hari. Sekarang di Aula Desa Caringin dan besok di Bandung, di salah satu desa terbaik se Jawa Barat,” kata Kepala Desa Caringin, Farid Rudin.

Farid menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kredibilitas dan peningkatan kapasitas SDM perangkat Desa Caringin.

“Kedua, untuk memberikan semangat kepada perangkat Desa Caringin agar lebih konsisten bekerja, lebih bertanggung jawab sesuai tupoksi kerja masing-masing perangkat Desa Caringin dalam menjalankan roda pemerintahan di Caringin. Dan yang paling utama adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Farid menjelaskan, pelatihan ini memperhatikan Undang-undang Nomor 6 tahun 2004, tentang desa. UU tersebut menjadikan langkah utama dalam mewujudkan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan maupun pelayanan masyarakat.

BACA JUGA :  Puluhan Motor Hasil Curian & Belasan Tersangka Diamankan Polisi, Diantaranya Pelaku Kambuhan

“Dalam hal ini, kades dan perangkatnya mempunyai tugas yang berat dalam menjalankan roda pemerintahan. Untuk menjalankan tugas dengan baik, desa dituntut mampu mengelola anggaran yang nilainya sangat fantastis (besar). Sehingga kades dan perangkatnya mesti lebih meningktakan kapasitas SDM dengan berbagai kegiatan pelatihan ataupun bimbingan teknis termasuk penigkatan kapaitas SDM aparatur desa.  Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pelayan kepada masyarakat semakin meningkat,” katanya. (Yogi Ramlan)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Sukabumi