0

Oleh: Tetep Bimbing Gunadi

Peranan Pendidikan sangat besar pengaruhnya terhadap masyarakat, karena pendidikan meningkatkan kualitas hidup seseorang dan mengembangkan kondisi yang mendukung pertumbuhan individu, dan nantinya akan memberikan peluang untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru yang dapat, menciptakan banyak orang produktif untuk bekerja, membawa masyarakat pada tahap hidup sejahtera  dan yang pasti akan  mengubah dunia kearah kemajuan.

Lalu Bagaimana dengan pendidikan gratis?

Dengan Pendidikan gratis, tentunya akan ada dampak positif dan negatifnya. Pada segi positifnya dengan pendidikan gratis lebih banyak orang akan memiliki akses terhadap pendidikan, akan banyak masayarakat ekonomi lemah untuk mengikuti pendidikan, akan banyak para anak seusia sekolah aktif sekolah, mengurangi remaja nongkrong tidak jelas terutama di jam belajar sehingga akan mengurangi tingkat kejahatan, karena meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia serta mengurangi tingkat pengangguran.

Pendidikan gratis juga akan mengarah pada peningkatan inovasi, karena lebih banyak orang memiliki akses terhadap pendidikan dan dapat berkontribusi pada pengembangan teknologi dan ide-ide baru. Efek positif dari program sekolah gratis, akan lebih meratanya pendidikan di Indonesia.

BACA JUGA :  Adu Kuat dengan Mafia Minyak Goreng

Sementara dapak negative dari pendidikan gratis salah satunya adalah setiap sekolah kurang dapat berkembang karena biaya operasional sekolah sangat tergantung dari bantuan pemerintah.

Peserta didik atau orang tua siswa akan merasakan kurang serius dalam mengikuti pembelajaran atau sebaliknya, bila saja ada para orangtua yang peduli maka mereka tidak dapat menuntut banyak karena merasa telah mendapatkan kemudahan melalui pendidikan gratis.

Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), AE Priyono mengungkapkan, di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, pendidikan gratis justru membuat orangtua tidak peduli, dan kurang bertanggung jawab terhadap pendidikan anaknya.

Orangtua tidak mau tahu anak-anak sekolah atau tidak. Kecenderungan anak nakal, malas belajar, dan bolos. Sedangkan, guru di daerah pelosok kesulitan mengendalikan siswa, sehingga mereka menjadi tak berdaya.

Itulah pendapat saya dalam menyikapi tentang pendidikan gratis ada dampak positif dan dampak negative namun kita semua mafhum karena tidak ada satupun program atau rencana- rencana yang tidak ada pengaruh kedua dampak tersebut, yang diperlukan bijaklah semua pihak dalam menyikapinya.

BACA JUGA :  Legalisasi “Law As a Tool of Crime” di Penangkapan Wilson Lalengke

Sekali lagi paparan diatas itu hanyalah yang bisa saya tulis tentang pendidikan gratis dan dampaknya, untuk lebih lengkap dan mendengar pendapat yang lain tentang dampak pendidikan gratis pada beberapa hari yang akan datang, tepatnya hari Kamis  28 Maret 2024, Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKSS) Kabupaten Tangerang yang Ketuanya bapak  H. Nurhipalah SE, akan menggelar Seminar dengan Tema “Pendidikan Gratis Untuk Semua dan Dampak yang dihasilkan”.

Yuk kita hadiri acara ini tentunya menarik diharapkan akan menghasilkan apa yang jadi tujuan seminar yaitu untuk memperdalam ilmu dan menyampaikan pendapat untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman serta untuk mengidentifikasi masalah dan mencari cara pemecahan masalah. ***

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Opini