0

BEKASI, INDONEWS,- Musrenbang tingkat Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bekasi tahun 2025 dilaksanakan di Aula Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi Jawa Barat, Kamis (18/1/2024).

Tema Musrenbang, “Penguatan Kualitas Manusia Melalui Pembangunan Pendidikan, Kesehatan, dan Ketahanan Keluarga Yang Inklusif dan Merata”.

Dalam sambutannya, Lurah Jaticempaka Amir S.E., mengungkapkan bahwa Musrenbang ini serentak dilaksanakan secara tatap muka dengan melibatkan semua unsur dengan mengundang beberapa stakeholder terkait.

Menurut Amir, musrembang dilaksanakan menyesuaikan agenda yang sudah ditentukan, yaitu serentak dan waktu yang sama.

“Semua usulan datang dari kelurahan, RT, RW, Posyandu dan PKK, ada ribuan, tapi hanya disetujui 403 usulan dan kebanyakan drainase atau selokan, pembangunan jalan, pembangunan rutilahu, pembanguan mushola, pembangunan masjid, pembangunan Kantor RW, pembagunan kantor RT dan kantor karang taruna,” kata Amir.

Usai acara, saat ngobrol bareng dengan wartawan, Lurah Amir juga menyampaikan, guna menciptakan suasana nyaman, apalagi di musim hujan, pihaknya mengimbau semua warga untuk membuang sampah pada tempatnya, giat dalam melaksanakan kebersihan serta merasa memiliki lingkungan.

BACA JUGA :  Cangkir Opini Ajak Mahasiswa Malang Diskusikan Pentingnya Penyesuaian Harga BBM bagi APBN

Musrenbang Kelurahan Jaticempaka dihadiri segenap pemangku kepentingan yang terdiri dari para pejabat dan tokoh kota Bekasi, Anggota DPRD, camat, lurah, bimaspol, babinsa, para kepala sekolah, Ketua LPM, Ketua BKM, Kepala Puskesmas, Ketua Karang Taruna, Ketua FKRW kecamatan, Ketua FKRW Kelurahan, Penggerak PKK, Posyandu, tokoh masyarakat, Ketua Pokja Posyandu, dishub, dinsos, disperkimtan, BMSDA, DPM PTSP, disdik dan lainnya.

Musrenbang Kelurahan Jaticempaka dibuka Camat Pondokgede, Zaianal Abidin diwakili Kasi Trantib H. Mulyadi S.H., M.M. Dalam sambutannya, camat menyampaikan terima kasih kepada semua pihak sehingga musrenbang berjalan sesuai peraturan berlaku.

Dirinya berharap agar semua yang sudah diajukan dan diprioritaskan dalam susunan bisa masuk sesuai arahan. Camat Pondokgede juga berpesan jika ajuan sudah masuk untuk wilayah-wilayahnya tetapi tidak masuk dalam Musrenbang jangan merasa kecewa, nantinya bisa dimasukkan kembali pada tahun mendatang.

“Kami sampaikan apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya kepada semua unsur yang berusaha mensukseskan acara musrenbang ini agar aspirasi masyarakat bisa dikawal oleh anggota dewan agar bisa direalisasikan di tahun 2025,” jelas H. Mulyadi, mewakili camat.

BACA JUGA :  Kepala Kementerian Agama Kota Bekasi Lepas 92 Calon Jamaah Haji

Kelurahan Jaticempaka ini usulan terbanyak lebih dari seribuan tapi 403 yang setujui.

“Dalam kesempatan ini juga saya sampaikan apa yang sudah diusulkan supaya ditengok, diingatkan jangan didiamkan, semua harus dikawal. Semoga dengan yang diajukan ini agar pembangunan Kota Bekasi, khususnya Jaticempaka tambah maju dan masyarakatnya tambah sejahtera,” kata H. Mulyadi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bekasi, H. M. Saifuddaulah yang turut serta dalam mendengarkan aspirasi warga dikelurahan Jaticempaka.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada musrenbang tahun 2024 sebagai pintu gerbang proses perencanaan pembangunan di Kota Bekasi, khususnya di Jaticempaka.

“DPRD mengapresiasi proses musrenbang tahun 2024 sebagai proses perencanaan pembangunan di Kota Bekasi, yang perlu dipertajam bukan hanya kegiatan di level musrenbang kelurahan tapi pada level rencana kerja SKPD juga harus sesuai dengan tema pembangunan,” jelasnya.

Selanjutnya Saifuddaulah juga mengatakan terkait usulan-usulan yang disampaikan yang sudah menjadi prioritas agar dijadikan perhatian dan tetap dikawal terus.

“Musrenbang ini sangat strategis dalam merumuskan perencanaan pembangunan kota dalam lima tahun kedepan secara kolaboratif, yang melibatkan unsur pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Diharapkan pemangku kepentingan untuk memberikan yang terbaik melalui masukan konstruktif selama diskusi berlangsung,” paparnya. (Supri)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Ragam