0

BIREUEN, INDONEWS – Komandan Kodim 0111/Bireuen, Letnan Kolonel Inf. Ade Munandar, S.I.Pem meninjau karya bakti dalam hal penangulangan bencana alam banjir yang mengakibatkan juga terjadinya wabah penyakit.

Kegiatan dilaksanakan di Pasar Pagi Desa, Gelanggang Gampong, Kecamatan Kuta Juang, Kabupaten Bireuen, Kamis (7/12/2023), mengingat kawasan tersebut adanya pengembangbiakan jelatik nyamuk, maka perlu dibersihkan.

Karya Bakti juga dihadiri Camat Kota Juang, Musni Saputra S.IP., M.Ec, Dev., Kadis LHK diwakili Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan pertamanan, Irwan Funna S.T, Pasi Ter Kodim 0111/Brn, Lettu Arh. Agus Ciltri Hariyadi, Para Danramil Kodim 0111/Brn, para personel Kodim 0111/Brn, para pekerja Dinas LHK Kabupaten Bireuen dan masyarakat.

Pada kesemparan tersebut, Ade Munandar menyebutkan, tujuan utama digelarnya kegiatan ini untuk penanggulangan terjadinya musibah bencana banjir serta mencegah munculnya musibah wabah penyakit yang diakibatkan berkembang biaknya nyamuk saat musim penghujan, maka lingkungan ini perlu untuk selalu dijaga kebersihanya.

Pada lubang parit yang kotor, kemungkinan besar tersumbat bisa menghambat lajunya air kondisi ini akan mengakibatkan terjadinya banjir dan berkembang biaknya nyamuk, ditambah lagi dengan adanya kotoran serta tumpukan sampah disitulah nyamuk bersarang.

BACA JUGA :  Sambut Tahun Baru 2023, Kapolres Bireuen Ajak Masyarakat Banyak Berzikir dan Berdoa

“Oleh karenanya, Kidim 0111 Bireuen mengajak semua untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, dengan lingkungan bersih tentu hidup kita akan lebih sehat,” kata Ade Munandar.

Untuk menghidari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, ia juga mengajak menjaga kebersihan lingkungan agar para masyarakat yang datang berbelanja ke pusat pasar pagi khususnya, merasa sangat nyaman dengan lingkungan pasar.

Selanjutnya, usai membersihkan lokasi pasar, kegiatan lain juga kembali dilakukan dengan gerakan menanam 50 batang pohon di Wisata Bukit Cinta Desa Cureh, Kecamatan Kota Juang, Bireuen.

Kegiatan tersebut berpacu pada 3 pedoman yang memiliki sasaran kegiatan yang dilakukan dalam karya bakti, di antaranya pembersihan pusat pasar pagi Desa Geulanggang, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, pembersihan saluran air di Desa Balang Baldeh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen serta melakukan penanaman pohon di lokasi wisata Desa Cureh.

“Mudah-mudahan saja kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan serta kita selalu untuk menjaga kelestariannya,” katanya. (Hendra)

You may also like

Comments

Comments are closed.