0

SUKABUMI, INDONEWS – Pemerintah Desa (Pemdes) Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi mengadakan kerja bakti membersihkan kali sungai di seputar sungai Cicatih, khususnya di bawah jembatan Sadamukti.

Kepala Desa (Kades) Tenjolaya, Amat Hidayat atau biasa disapa Kades Dawam membenarkan jika pihaknya mengadakan kerja bakti demi mewujudkan lingkungan desa yang bersih, seperti sungai bebas dari sampah.

“Ini bukan hanya harapan Pemerintah Desa Tenjolaya, tetapi juga impian masyarakat Desa Tenjolaya,” katanya, disela kerja bakti di sekitaran sungai Cicatih, dibawah jembatan Sadamukti, Kamis (19/10/2023).

Kerja bakti berupa pengangkatan sampah dan bersih-bersih kali di seputar sungai Cicatih. Pemerintah desa berinisiatif mengadakan kerja bakti dengan menerjunkan para staf Desa Tenjolaya, mandor dan dihadiri babinsa dan babinmas.

“Kegiatan ini sudah menjadi kewajiban sebagai pemimpin, untuk memberi contoh yang baik dan berharap gotong royong ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” kata Amat.

“Saya tak lupa mengucapakan terima kasih kepada staf Desa Tenjolaya, masyarakat, RT, RW, Babinsa dan Babinmas yang sudah ikut serta dalam acara kegiatan bersih bersih kali sungai Cicatih ini,” tambahnya.

BACA JUGA :  Camat Jonggol Pimpin Sertijab Kades PAW Desa Sirnagalih

Ia berharap kegiatan ini rutin dilakukan setiap Minggunya untuk mencegah terjadinya banjir saat musim hujan datang.

Sungai Cicatih saat ini kondisinya dipenuhi oleh sampah dan rumput. Hal itu membuat dirinya bereaksi cepat untuk melakukan pembersihan di sepanjang kali sungai Cicatih.

“Saya berharap kepada masyarakat Desa Tenjolaya jangan membuang sampah sembarangan, khususnya ke aliran Sungai Cicatih. Selain bertujuan normalisasi kali, bersih-bersih ini juga bagian dari upaya kita sebagai pemerintah desa untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit yang berbahaya, seperti, demam berdarah, malaria dan diare, akibat tumpukan sampah dan tumbuhan rumput liar,” kata Dawam.

Dawam juga meyakini dengan lingkungan yang bersih dan sehat, segala macam penyakit yang identik dengan kebersihan bisa ditekan apa lagi menjelang musim penghujan sudah dipastikan banjir akan mengintai semua.

“Menjaga kebersihan lingkungan sudah barang tentu memerlukan kerja sama, antara pemerintah desa dan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” harapnya.

Dengan menciptakan lingkungan bersih dan terbebas dari sampah, terlebih pada lingkungan di bantaran kali sudah menjadi program prioritas desa

BACA JUGA :  Pemdes Sukagalih Launching Samisade, Prioritaskan Betonisasi Jalan Desa

“Mari kita sama-sama untuk menjaga dan memelihara lingkungan kita sendiri, karena kalau bukan kita siapa lagi yang bisa menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat aman dan nyaman,” tandasnya. (Yogi Ramlan)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Wajah Desa