0

SUKABUMI, INDONEWS | Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 44 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) tahun 2024, di Kantor Balai Besar TNGGP Kabupaten Cianjur, Rabu (6/3/2024).

Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Prabowo mengatakan, TNGGP merupakan salah satu Taman Nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat. TNGGP ditetapkan pada 6 Maret 1980, yang merupakan Taman Nasional yang tertua di Indonesia.

“TNGGP ini merupakan 1 dari 5 taman Nasional pertama di Indonesia, dan Taman Nasional ini didirikan dengan tujuan untuk mengkonservasi ekosistem dan flora pegunungan dan berada di kawasan Sukabumi, Bogor dan Cianjur,” ungkapnya.

Dengan tujuan tersebut, Sapto Aji Prabowo mengatakan perlunya dukungan dan kolaborasi dari semua pihak. Dirinya berharap TNGGP terus bisa menjaga alam dalam memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Dengan usia ke 44 ini, mudah-mudahan TNGGP memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai dengan tema ulang tahun hari ini GePang Hebat GePang Bermanfaat,” ujarnya.

Sementara itu, Wabup Sukabumi dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan festival ini sebagai salah-satu bentuk dukungan dan kepedulian bersama terhadap keanekaragaman hayati, keindahan alam, dan warisan budaya yang luar biasa selama 44 tahun terakhir.

BACA JUGA :  Sigap, Perumdam TJM Cidahu Lakukan Perbaikan Pipa Bocor

Wabup mengatakan, HUT TNGGP ini merupakan momentum ini sebagai panggilan untuk terus berkolaborasi, berkreasi, dan berinovasi dalam menjaga keindahan alam yang menjadi kebanggaan bersama.

Untuk itu wabup mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya para aktivis, jajaran perangkat daerah terkait, dan para generasi muda untuk terus meningkatkan kesadarannya tentang pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan.

“Kita sadari bahwa sumber daya alam itu sangat penting bagi kelangsungan mahkluk hidup. Mari bersama-sama menjaga dan melestarikan alam sesuai dengan semboyan “Leweung Hejo Masyarakat Ngejo” (hutan hijau, masyarakat sejahtera),” jelasnya.

Diakhir sambutannya, ia mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 44 untuk TNGGP.

“Kami haturkan selamat ulang tahun untuk TNGGP. Mudah-mudahan lebih sukses, maju dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” ucapnya. (Ndi)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Sukabumi