0

TANGERANG, INDONEWS | Dalam rangka mempererat silaturahmi antara sesama perantau, Keluarga Orang Sumatera Terintegrasi (Kostrat) menggelar Halal Bihalal di aula warga RT 002, RW 008, Kelurahan Legok, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah melaksanakan lebaran di tahun 2024. Tamu yang hadir meliputi masyarakat Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan), di antataranya Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jambi dan Bangka Belitung yang tergabung dalam paguyuban Kostrat, Sabtu (20/4/2024)

Ketua Hannibal, SSos., M.Si., mengatakan, kegiatan ini diinisiasi Srikandi KOSTRAT yang merupakan istri-istri para anggota yang bekerja sama dengan pengurus DPD Kostrat Propinsi Banten dengan membawa tema “Hikmah Halal Bi Halal dalam Kehidupan Manusia”.

Acara ini diisi dengan materi penguatan kepada anggota oleh Ketua Umum KOSTRAT, Hannibal,S.Sos., MSi dan juga tausyiah oleh Ketua Dewan Penasihat KOSTRAT H. Saukani, S.H., yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi diantara sesama masyarakat perantauan yang berasal dari Daerah Sumbagsel.

Dalam sambutannya, Hannibal, S.Sos, M.Si, menyampaikan bahwa Kegiatan Halal Bihalal ini adalah diinisiasi oleh para Srikandi KOSTRAT dan dukungan Ketua DPD KOSTRAT Provinsi Banten dan bertujuan untuk mempererat silaturahmi diantara keluarga besar KOSTRAT.

BACA JUGA :  Forkompimcam Tigaraksa Tangerang Gelar Upacara Pengibaran Bendera Pasca Pandemi

“Halal bihalal ini idenya para istri anggota dan disuport DPD guna terlaksana dengan lancar, yang mana kegiatan ini untuk meningkatkan silaturahmi sesama anggota,” ujarnya.

Menurutnya, melalui kegiatan ini DPP juga mengharapkan bisa memunculkan suasana kekeluargaan yang semakin solid dan kompak diantara anggota sehingga kegiatan bisa terlaksana dengan baik.

“Seluruh anggota saya harap bisa memahami makna sebuah organisasi atau paguyuban keluarga harus tetap menjaga rasa kekeluargaan sebagai keluarga besar dan tetap berpegang kepada etika dan budaya masyarakat Sumbagsel sehingga paguyuban ini dapat terus eksis tumbuh dan berkembang yang akhirnya akan mencapai tujuan sebagaimana tujuan pembentukannya oleh para pendiri,” katanya.

Di tempat sama, Ketua Dewan Penasihat, H. Saukani, S.H dalam tausyiahnya menyampaikan, halal bihalal adalah ajang silaturahmi antara sesama manusia.

“Halal Bihalal merupakan bagian dari silaturahmi yang mana selama ini keluarga besar Kostrat anggota sebagian besar sibuk dengan aktivitas masing dan momen ini sangat tepat untuk bermaaf-maafan,” tambahnya.

Selain itu, kata dia, halal bihalal ini merupakan upaya membersihkan diri dari perbuatan-perbuatan selama berinteraksi baik disengaja atau tidak telah menyakiti hati diantara.

BACA JUGA :  Tak Peduli Kondisi Bangunan Rusak, SDN Kubang Bahad Tetap Prioritaskan KBM

“Sehingga dengan membersihkan diri tersebut akan memunculkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang semakin erat dan kompak,” tukasnya.

Sekedar diketahui, acara ini juga isi doa bersama serta ramah tamah dengan santapan makanan khas masyarakat Sumbagsel diiringi lagu-lagu daerah. (Firm)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Banten