0

BOGOR INDONEWS | Tepi jalan sering dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) liar oleh oknum warga. Sehingga sampah yang dibuang menimbulkan bau dan pemandangan tak sedap. TPS liar ini dijumpai di beberapa lokasi di Bogor Timur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, kurangnya kesadaran masyarakat menjadikan sampah liar di mana-mana dan menimbulkan bau tidak sedap sehingga sulit dibersihkan, meskipun sering diangkut.

Kepala UPT Pengelolaan Sampah wilayah 2 Jonggol, Ade Iman mengklaim telah melakukan sejumlah program, salah satunya setiap Minggu 3 unit kendaraan dikerahkan untuk mengangkut sampah guna mencegah terjadinya tumpukan sampah liar di dipinggir jalan. Termasuk yang dipinggir jalan arah kecamatan Cariu dan sudah berjalan.

“Tiga unit kendaraan pengangkut sampah kita kerahkan buat angkut sampah liar di 10 titik di Bogor Timur ini setiap Minggu,” katanya, Selasa (23/4).

Ia juga bekerja sama dengan Koramil dan Stakeholder lainnya dalam memberikan contoh dalam pengelolaan sampah agar bisa mengurangi volume yang dikelola agar bisa bermanfaat.

“Kami juga sudah bekerja sama dengan Koramil Jonggol untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah dilingkungan supaya bermanfaat,” katanya.

BACA JUGA :  PKBM Fitrah Mulia Akui Ada Pungutan, dan Sudah Dikembalikan

Dirinya juga menginstruksikan kepada semua jajaran untuk memantau semua titik sampah liar di Bogor Timur dan harus dibersihkan dengan cara mengangkut sampah-sampah liar tersebut agar tidak terjadi penumpukan.

“Setiap Minggu kami pantau dan angkut sampah liar tersebut namun ada lagi dan numpuk lagi, sampah rumah tangga yang dominan,” katanya.

Iman mengaku, ada beberapa kendala terkait permasalahan sampah liar. Terutama kesadaran masyarakat, yang dinilainya masih minim dan sering abai terhadap imbauan.

“Kendalanya itu, kesadaran masyarakatnya kurang. Padahal sudah dibersihkan, tapi ada saja masyarakat yang membuang sampah liar,” ujarnya.

Menurut dia, permasalahan sampah liar tersebut harus dilakukan bersama-sama, dan menjadi tanggung jawab bersama.

“Kami harus kerja keras, bahkan kami tidak bosan untuk selalu mengalah untuk mengangkut sampah-sampah liar itu,” tukasnya.

Dirinya juga meminta masyarakat untuk membuang sampah tidak sembarang dan berharap masyarakat sadar akan kebersihan.

“Saya minta masyarakat tidak buang sampah sembarang dan sadar akan kebersihan,” harapnya. (Firm)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Bogor