0

SUKABUMI, INDONEWS – Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri mewakili Bupati Sukabumi menghadiri Penyerahan Hasil Bantuan Teknis Rencana Detail Tata ruang (RDTR) Melalui Anggaran Belanja Tambahan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara Tahun 2023, di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta (10/1).

Materi teknis RDTR diberikan kepada 63 kepala daerah se-Indonesia yang diserahkan secara langsung oleh menteri agraria dan tata ruang.

Dalam sambutannya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto mengatakan, Penyerahan Materi Teknis RDTR ini merupakan hasil dari kegiatan Bantuan Teknis Penyusunan RDTR Anggaran Belanja Tambahan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (ABT BA BUN) Tahun 2023 yang telah diselesaikan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN).

“Sebanyak 77 RDTR untuk Kabupaten/Kota dan 5 RDTR Kawasan Perbatasan Negara (KPN) telah berhasil disusun,” katanya.

Dikatakan pula, pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka pemenuhan komitmen Kegiatan Bantuan Teknis Penyusunan RDTR antara Direktur Jenderal Tata Ruang dengan para kepala daerah yang dilaksanakan pada Agustus 2023 lalu.

BACA JUGA :  Pisah Sambut Bhabinkamtibmas Desa Kutajaya Diwarnai Haru

Sekaligus mendorong pemerintah kabupaten/kota dalam menindaklanjuti proses RDTR menjadi Peraturan kepala daerah (perkada) dan proses pengintegrasiannya ke dalam sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA).

“Saya berharap, penyusunan RDTR tersebar di 25 provinsi dan 68 kabupaten/kota ini dapat berimplikasi pada pertumbuhan investasi serta mendorong kesejahteraan masyarakat seluruh daerah di Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, ditemui seusai kegiatan Wakil Bupati Iyos Somantri mengatakan bahwa Kabupaten Sukabumi termasuk salah satu penerima Bantek Bantuan Teknis dari kementrian ATR/BPN Terkait dengan penyusunan RDTR Kurang lebih 63 Kab/Kota se Indonesia.

“Alhamdulillah Kabupaten Sukabumi masuk didalamnya dan kita sudah menerima Dokumen Bantuan teknis terkait dengan penyusunan RDTR di kawasan Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya. (Ndi)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Sukabumi