0

BEKASI, INDONEWS – Rumah Sakit (RS) Kartika Husada Grup sukses menggelar seminar awam dengan tema “Pre-Eklamsia Ibu Hamil”.

Seminar digelar di Aula lantai 4 RS Kartika Husada, Jalan Raya Jatiasih, Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis (21/12//2023).

Seminar kali ini tidak hanya menghadirkan narasumber dokter spesialis kebidanan dr. Ayu Anisa Bahri Sp.og, panitia juga mengundang kader posyandu dan ibu PKK yang ada di lingkup kerja Jatiasih.

Seminar awam ini digelar dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat. Edukasi lain yang disampaikan narasumber banyak materi menarik.

dr. Ayu Anisa Bahri Sp.OG selaku nara sumber dalam seminar ini menyampaikan, pemeriksaan dasar fertilitas atau kesuburan yang sebaiknya dilakukan oleh pasangan suami istri pertama adalah HSG (histerosalphingografi)

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat patensi saluran indung telur/tuba falopi, kedua USG transvaginal untuk melihat cadangan dan jumlah sel telur, ketiga analisa sperma untuk suami untuk melihat kualitas dan kuantitas sperma,” jelasnya.

“Semua harus dilakukan oleh suami dan istri tidak boleh hanya salah satu pihak. Tips untuk meningkatkan keberhasilan kehamilan yang pertama harus segera melakukan pemeriksaan awal, perbaiki kualitas hidup seperti makan makanan sehat, olahraga dan jangan sampai obesitas, tidak merokok dan minum alkohol. Itu semua dapat memperbaiki kualitas telur dan sperma,” terang dr. Ayu Anisa Bahri.

BACA JUGA :  Berpura-pura Akan Membeli Unit, Mahasiswa Pencuri Motor Diciduk Polisi

Narasumber lain, dr. Nurita selaku meneger pelayanan medis RS Kartika Husada mengucapkan terima kasih atas kehadiran kader posyandu dan kader PKK se Kecamatan Jatiasih untuk mengikuti seminar ini.

Kader Posyandu Bina Asih 3, Nurlela menyebut, acara ini sangat bermanfaat bagi dirinya selaku kader posyandu Binaasih.

“Kalau bisa kegiatan ini terus diadakan supaya bisa memberikan edukasi kepada masyarakat binaan saya, dan pastinya untuk RS Kartika Husada harus selalu berkoordinasi dengan para kader,” ungkapnya.

“Kami juga berharap bisa menggelar acara seperti ini di seluruh kota yang sudah terdapat RS Kartika Husada. Nantinya akan menjadi motivasi untuk warga Jatiasih. Betapa sangat penting acara ini untu para ibu hamil,” katanya.

Dewi Sartika, warga Jatikeramat juga berkomentar jika acara ini membantu kesejahteraan balita dan ibu hamil dan memahami arti kehamilan.

Seminar awam diikuti 54 peserta ibu-ibu hamil yang diikuti dari wilayah Kecamatan Jatiasih, sehingga ruangan di aula RS. Kartika Husada tidak terbendung lagi. (Supri)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Peristiwa