0

DEPOK, INDONEWS | Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) yang dikelola Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) di Jalan Raya Tapos, Kota Depok, Selasa (7/5/2024).

Jokowi menyebut, IDTH menjadi pusat pengujian perangkat digital yang memiliki standar internasional yang terbesar dan terlengkap di ASEAN. Pembangunan fasilitasnya menelan anggaran hampir Rp 1 triliun.

“Jadi kalau peralatannya super canggih seperti itu ya enggak kaget karena anggarannya gede. Saya tahu pengujian perangkat ini memiliki peran sangat krusial dimana seluruh perangkat digital diuji di tempat ini,” kata Jokowi.

Presiden mengharapkan IDTH mampu menjadi pusat inovasi dan penelitian. Dirinya menginstruksikan Kementerian Kominfo untuk menggandeng perguruan tinggi, perusahaan rintisan atau startup, serta UMKM dalam mendorong riset dan paten. Serta mendukung pengembangan dan sertifikasi produk-produk lokal.

“Digitalisasi menjadi basis bagi pengembangan industri dan ekonomi dalam negeri dengan menempatkan produsen lokal menjadi raja di negeri sendiri,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian IDTH, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Hadi Tjahjanto, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin dan Walikota Depok, Mohammad Idris. (Gustini)

BACA JUGA :  Caleg DPR RI, Steven Izaac Risakotta Berdialog dengan Tokoh Maluku Jemi Tato di Bellacassa Depok

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Depok