0

SUKABUMI, INDONEWS – Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menghadiri pengukuhan pengurus Komite Ekonomi Kreatif (KEK) periode 2022-2025, di Aula Taman Rekreasi Cimelati, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (12/12/2023).

Iyos mengatakan, dirinya mewakili Bupati Sukabumi bersama dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan pelantikan dan pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Kabupaten Sukabumi periode 2022-2025.

“Iya, harapan saya setelah Komite Ekonomi Kreatif ini dilantik mereka bisa langsung melakukan langkah- langkah kegiatan konsolidasi dengan pihak-pihak terkait terutama dengan para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Sukabumi,” katanya.

Iyos mengatakan, sudah ada lima subsektor yang sudah bergabung dan tinggal dua belas subsektor lagi yang harus mengikuti tahapan peningkatan ekonomi di Kabupaten Sukabumi, namun yang lebih penting lagi bagaimana meningkatkan dan menambahkan pengembangan ekonomi di Kabupaten Sukabumi melaui ekonomi kreatif sekarang ini.

“Melalui Komite Ekonomi Kreatif ini bisa mendongkrak ekonomi yang memang diminati para kawula muda atau kaum milenial,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Kabupaten Sukabumi, Achmad Dayari (Kang Aday) mengatakan, bahwa pengurus KEK Kabupaten Sukabumi sudah dilakukan pelantikan akan tetapi Road Match dan juga program sudah dibuat dan dipersiapkan.

BACA JUGA :  Jadi Narasumber Talkshow Podcast Sukabumi Update, Ini Kata Kusmana Hartadji

“Selanjutnya kita akan coba membangun jejaring ke 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, sehingga ada bagian-bagian dari kepengurusan dari KEK di setiap wilayah kecamatan nantinya,” ujarnya.

Masih kata Kang Aday, walaupun sebetulnya anggota- anggota KEK kini sudah ada di beberapa wilayah baik di Sukabumi Utara, Sukabumi Tengah dan Sukabumi Selatan dan ini akan menjadi sebuah tonggak awal KEK berjalan di Kabupaten Sukabumi.

“Nah, di ekonomi kreatif ini ada 17 subsektor yang di tata atau buat oleh KEK ini melalui Dinas Pariwisata dan yang di Kabupaten Sukabumi ada 5 besar yang sedang kita kembangkan yaitu, pashion, kriya, kuliner, fotografi dan seni pertunjukan sedangkan untuk yang lainnya masih perlu kita kembangkan lagi,” jelasnya.

Menurutnya, di wilayah Kabupaten Sukabumi selama ini bidang kriya dan kuliner ini sudah cukup berkembang dan ini sudah bergabung di Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi.

“Jadi kami dari Komite Ekonomi Kreatif ini hanya bisa mengarahkan dan membantu jika ada program- program dari kedinasaan atau dari Nasional itu bisa terakomodir dengan baik,” pungkasnya. (Us/Yogi/ndi)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Sukabumi