0

BOGOR, INDONEWS – Ketua Dewan Penasehat Aliansi Insan Pers Bogor (AIPBR) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Leonardo B Purba. SE mengatakan, insan pers adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan sejarah perjuangan bangsa dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN)

“Seyogyanya di HPN Rabu 9 Februari 2022, harus mampu membangkitkan semangat juang para awak media tanah air sebagai fungsi control sosial yang didefinisikan sebaga alat demokrasi bangsa juga sebagai hak azasi manusia di dalam mengemukakan pendapat yang didasari hukum dalam rangka mencerdeskan kehidupan bangsa,” katanya, Rabu (9/2/2022).

Lebih jauh dijelaskan Purba, kebebasan Pers diatur dalam ilmu ketatanegaraan, artinya negara dan pemerintah tetap menjamin kebebasan pers tersebut berdasarkan fungsinya control sosil atau Fredom Of The Perss.

Oleh sebab itu, dalam rangka memperingati HPN ini, ia meminta pada rekan-rekan media tanah air, khususnya di Bogor Timur untuk selalu meningkatkan kompentensi serta menjalankan kode etik jurnalis untuk menepis isu atau sebutan wartawan abal-abal dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA :  Larang Wartawan Liput Rekapitulasi Suara Pilkades, Camat Klapanunggal Kangkangi UU Pers

“Karena itu, di HPN yang juga bersamaan dengan hari Ulang Tahun PWI, agar dapat mendukung roda pembangunan,” ungkapnya.

Leonardo B. Purba berharap, di momen HPN tahun ini tidak ada lagi wartawan yang mendapat perlakuan kekerasan dalam menjalankan tugas dan fungsinya, yang bisa mencederai UU Pers dan Marwah Pers, karena profesi pers dilindungi UU Pokok Pers No 40 Tahun 1999.

Purba yang juga mengingatkan pada jurnalis Bogor Timur, khususnya di momentum HPN agar selalu mengenang sejarah perjuangan bangsa, sejalan dengan Keputusan Presiden No.5 Tahun 1985 bahwa Pers secara nasional memiliki perananan penting dalam pembangunan. (Firm)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Bogor