0

SUKABUMI, INDONEWS – Di usia ke 52 tahun, anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) dituntut untuk terus meningkatkan netralitas, profesionalitas, dan kinerja.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji dalam upacara peringatan HUT ke 52 KORPRI dan Hari Kesehatan Nasional tahun 2023 tingkat Kota Sukabumi, Selasa (5/12/2023), di halaman Gedung Juang, Kota Sukabumi.

Upacara yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Dida Sembada, Ketua DPRD Kota Sukabumi H. Kamal Suherman, Pimpinan BJB Kantor Cabang Sukabumi, an seluruh unsur Pemerintah Kota Sukabumi berlangsung khidmat dan sederhana.

“Alhamdulillah, kita baru bisa hari ini menyelenggarakan acara puncak upacara peringatan HUT ke 52 Korpri. Tentu saja dengan tidak mengurangi makna dan kekhusuan pelaksanaan upacara peringatan hari Korpri ini,” ujar Kusmana Hartadji.

Ia mengamanatkan pentingnya implementasi nilai-nilai peringatan hari Korpri dalam melayani masyarakat. Di usia ke 52 tahun ini, perjalanan Korpri bukan hal yang singkat.

“Korpri merupakan organisasi profesi utama bagi aparatur sipil negara (ASN). Organisasi ini telah memberikan kontribusi maksimal kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambah Kusmana.

BACA JUGA :  Kasad Panen Jagung di Sukabumi Sekaligus  Teritorial Ketahanan Pangan

Dharma bakti Korpri, sambung Kusmana, telah ditunjukkan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Berbagai peristiwa sosial dan politik telah dilalui selama 52 tahun dengan suka dan duka dan telah mewarnai perjalanan Korpri.

“Perubahan dan peristiwa yang telah mewarnai organisasi ini harus menjadi bahan renungan, pelajaran, dan inspirasi bagi jalannya roda organisasi di masa yang akan datang,” kata Kusmana.

Menurutnya, peringatan hari Korpri tahun 2023 bertema “KORPRIKAN Indonesia” memiliki harapan agar para anggota semakin memperlihatkan antusiasme dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan masyarakat serta dapat mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa.

“Mari kita sama-sama berjuang memajukan pemerintahan ini. Saya mengajak agar seluruh ASN meneguhkan netralitas, profesionalitas, dan terus meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik,” tutur Kusmana.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan mementingkan pelayanan sepenuh hati kepada masyarakat.

“Kita harus menghapus kesan bahwa aparatur sering lamban dalam memberikan pelayanan publik. Tentu saja kesan ini melahirkan citra yang kurang menguntungkan bagi birokrasi pemerintah,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pengobatan Gratis Oleh PDI Perjuangan Disambut Antusias Masyarakat Cicurug

Tentang netralitas ASN, Kusmana Hartadji menekankan, pegawai negeri tidak boleh memiliki afiliasi politik terbuka terhadap partai politik tertentu.

Aparatur juga tidak boleh bersikap diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, melainkan mesti memperlihatkan keberpihakan kepada masyarakat secara keseluruhan.

Dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak tahun 2024, aparatur sipil negara (ASN) dianjurkan harus sekuat tenaga menyukseskannya sesuai dengan potensi dan kewenangan.

Peran aktif para anggota KORPRI sangat diharapkan, salah satunya, dalam mengajak pemilih untuk menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2023, disebutkan oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi harus menjadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal ini penting dilakukan untuk mewujudkan Kota Sukabumi yang bahagia serta sehat lahir dan batin.

Puncak peringatan HUT ke-52 KORPRI tingkat Kota Sukabumi baru diselenggarakan pada 5 Desember 2023, dikatakan oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H.Dida Sembada karena ada beberapa kegiatan yang beririsan dengan agenda Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kegiatan acara puncak peringatan HUT ke-52 KORPRI pada tahun ini diselenggarakan secara sederhana. Karena kita sekarang sudah memasuki tahun politik, sehingga tingkat keramaiannya disesuaikan dengan kondisi tahun politik yang sudah memasuki masa kampanye,” kata H. Dida Sembada, dalam laporannya.

BACA JUGA :  Wabup Sukabumi Hadiri Peringatan K3 Nasional PT. Amerta Indah Otsuka

Kendati demikian, rangkaian peringatan HUT ke-52 KORPRI, disebutkan oleh Sekda Kota Sukabumi sudah berjalan sejak 21 November 2023 dalam bentuk kegiatan gebyar pelayanan terpadu usaha mikro dan kecil (UMK) di Gedung KORPRI.

Beberapa kegiatan juga diselenggarakan di hari puncak peringatan HUT ke-52 KORPRI seperti; bazar, pemeriksaan kesehatan, dan lari sejauh 5.2 kilometer. (Ndi)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Sukabumi