0

SUKABUMI, INDONEWS – Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji menjadi narasumber dalam acara Talkshow Podcast Sukabumi Update, terkait prioritas pembangunan, Rabu, 10 Januari 2024, di Kantor Sukabumi Update.

Dalam podcast tersebut dijelaskan hasil Pembangunan Daerah Tahun 2023. Seperti halnya capaian pembangunan daerah tahun 2023 pada umumnya dalam kondisi sangat memuaskan, dimana capaian indikator kinerja outcome-nya sebesar 98,464 dan capaian kinerja keuangan sebesar 97,144.

“Pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2023 diantaranya adalah, Pengurangan kawasan kumuh seluas 78,43 Ha. Pembangunan pedestrian di Pusat perkotaan, Jl. Siliwangi, Jl. Veteran, Jl. Sudirman, Jl. AR Hakim dan Jl. Bhayangkara. Bertambahnya kelurahan yang keluar dari status kawasan kumuh sebanyak 2 kelurahan (gunung parang dan citamiang),” kata Kusmana Hartadji.

Kusmana menambahkan, optimalisasi kawasan cipelang herang, peningkatan layanan air minum PDAM bagi MBR sebanyak 500 sambungan rumah, pembangunan 145 unit rumah tidak layak huni plus tangki septic, rehabilitasi dan pemeliharaan jalan.

“Pengadaan dump truck untuk mengangkut sampah. Sukabumi Go Digital, pelatihan untuk 1.650 toko online dan 3.300 tenaga kerja baru,” terangnya.

BACA JUGA :  Jadi Khatib Shalat Jumat, Wali Kota Sukabumi Sampaikan 3 Nasihat Malaikan Jibril

Sementara itu, yang masih kurang, menurut Kusmana, peningkatan dan rehabilitasi drainase jalan kota dan lingkungan serta normalisasi sungai, perluasan pembangunan pedestrian dan ruang terbuka hijau dan optimalisasi ruang terbuka publik yang ada, peningkatan mitigasi bencana daerah.

“Peningkatan pengelolaan persampahan, peningkatan sistem transportasi publik dan penyediaan ruang parkir,” paparnya.

Kang Tutus, sapaan Penjabat Wali Kota Sukabumi prioritas pembangunan tahun 2024 mengusung tema “Meningkatkan kondusifitas kota untuk keberlangsungan pembangunan”.

Tema ini diambil karena tahun 2024 merupakan tahun politik dimana pemilu dan pilkada serentak dilaksanakan.

“Situasi politik yang cenderung meningkat perlu diantisipasi dengan tetap menjaga dan meningkatkan stabilitas ekonomi, sosial, dan politik agar keberlangsungan pembangunan tetap terjaga,” jelasnya.

Prioritas pembangunan tahun 2024 ini di antaranya pemeliharaan fasilitas pelayanan publik seperti lapang merdeka dan alun-alun.

Pembangunan/rehabilitasi Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni), rehabilitasi dan pemeliharaan jalan, penuntasan kawasan kumuh, peningkatan akses sanitasi dan air minum layak, lanjutan optimalisasi kawasan Cipelang Herang.

“Peningkatan layanan penerangan jalan khususnya di kawasan-kawasan pedestrian dan ruang terbuka yang dibangun, inisiasi pembangunan sistem Refused Derived Fuel (RDF) sampah,” paparnya.

BACA JUGA :  Sajadah, Cara Unik Polsek Parungkuda Kumpulan Dana untuk Bantu Masyarakat

Ditambahkan, Kang Tutus, terkait persiapan pemilu di Kota Sukabumi. Pelaksanaan pemilu dikoordinasikan oleh KPU dan Bawaslu, pemerintah daerah melakukan supporting dari berbagai kebutuhan yang diperlukan.

Dan diharapkan masyarakat dapat menjaga ketentraman dan keamanan, menghargai perbedaan pendapat dan pilihan dan silahkan memilih sesuai hati nurani dan tanpa ada paksaan.

“Sementara itu saya berpesan untuk warga Kota Sukabumi terkait pembangunan daerah dan pemilu. Masyarakat Ikut mendukung proses pembangunan yang dilakukan pemerintah Kota Sukabumi, menjaga dan memelihara fasilitas pelayanan publik yang sudah ada, partisipasi aktif dalam pembangunan seperti memberikan masukan dalam proses perencanaan yaitu musrenbang,” pungkasnya. (Ndi)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Sukabumi