0

BEKASI, INDONEWS – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kembali menggelar sosoalisasi dan KIE program bersama mitra kerja yang dihadiri para narasumber dan Anggota DPR RI, di Ballroom Novotel Gajah Mada, Kota Administrasi Jakarta Barat, Senin (12/2/2024).

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris menjelaskan, BKKBN menjalankan sosialisasi dan bertanggung jawab dalam penurunan angka stunting. DPR mengapresiasi BKKBN yang sudah melakukan sosialisasi bukan hanya di Jakarta saja, tetapi di seluruh Indonesia.

“Stunting adalah anak yang mengalami gizi buruk kronis sehingga mengakibatkan pertumbuhannya terganggu, pertumbuhan badannya menjadi pendek, dan  pertumbuhan otak pun akan terganggu,” katanya.

Dikatakan, kasus stunting saat ini masih tinggi. Di DKI Jakarta mencapai 14,8%, di Jakarta Barat 17,6%, meski tiap tahunnya selalu menurun.

Direktur Bina Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana (KB), Martin Juanta menjelaskan, stunting berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Ia pun berharap masyarakat dapat melakukan pencegahan stunting pada anak sedini mungkin.

“Stunting itu adalah di mana kondisi anak yang mengalami gagal tumbuh pada balita yang terjadi karena kekurangan gizi kronis pada 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan),” jelas Martin.

BACA JUGA :  Safriyanto Santuni Anak Yatim Piatu dan Dhuafa

Martin mengungkapkan, seorang balita bisa terkena stunting apabila kekurangan energi atau gizi selama 270 hari dalam kandungan dan ditambah 2 tahun dalam asi ibunya, sehingga menimbulkan pertumbuhannya tidak ideal.

“Saya mengharapkan kepada warga agar dapat memahami stunting dan dampak buruknya terhadap anak yang akan dilahirkan seorang ibu, agar menjadi sadar bahwa kasus stunting ini penting dan bisa terjadi pada siapa saja,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, anak yang sudah terlanjur stunting harus melakukan perawatan, pemberian gizi yang baik dan seterusnya sehingga nantinya ibu anak tersebut tidak lagi was-was akan stunting.

“Kami berharap anak di Indonesia selalu sehat dan kuat dan pastinya terhindar masalah stunting,” ujarnya. (Supri)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Ragam