0

BOGOR, INDONEWS – Berkah bulan Ramadhan, 143 Kepala Keluarga (KK) di Desa Pasir Angin, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD), pada Jumat (8/4/2022).

Pemdes setempat menyalurkan BLT-DD tiga bulan sekaligus tahun 2022, senilai Rp 900 ribu.

Kepala Desa Pasir Angin, Ismail menyerahkan BLT-DD. Selanjutnya beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD bergantian menerima bantuan secara.

Penyerahan BLT-DD dihadiri langsung anggota babinsa, bhabainkamtibmas, perangkat desa, BPD dan tokoh masyarakat. Penyerahan BLT-DD dilaksanakan di balai desa dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Bantuan uang tunai senilai Rp 300 ribu diberikan selama 12 bulan dengan mengikuti mekanisme yang ada. Pencairan BLT-DD seyogyanya dicairkan setiap bulan berjalan.

“Namun, di bulan April ini dicairkan sekaligus tiga bulan dan pencairan selanjutnya menunggu pelaporan selesai, baru nanti dapat di usulkan kembali,” jelasnya.

KPM ditentukan berdasarkan hasil musyawarah bersama sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pemerintah.

“KPM adalah warga miskin dan belum mendapat bantuan sosial lainnya. Melalui musyawarah desa khusus (musdessus) penetapan nama penerima BLT-DD bersama BPD,” katanya.

BACA JUGA :  Disaksikan Camat, Kades Bandar Abung Bagikan BLT-DD kepada Warga

Ismail menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya perangkat desa dan tokoh masyarakat dan elemen pemerintah lainnya yang telah membantu dan mendukung dalam penyerahan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa (DD).

“Kepada penerima, diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin agar dapat membantu ekonomi masyarakat dikemudian hari. Bagi warga Pasir Angin yang telah menerima  BLT-DD tiga bulan sekaligus, mohon dimanfaatkan sebaik-baiknya guna keperluan hidup sehari-hari,” pesan kades.

Sementara salah satu warga penerima BLT –DD, Turino (50) mengaku, bantuan itu akan digunakannya membeli kebutuhan sehari-hari di bulan Ramadhan.

“Bantuan ini buat beli kebutuhan pokok dalam menghadapi bulan suci Ramadhan ini. Bantuan ini menjadi berkah Ramadhan,” ucapnya.

Ia berharap bantuan ini bisa terus berlanjut karena sangat membantu, terlebih saat pandemi Covid-19.

“Saya berharap bantuan ini terus berlanjut agar bisa membantu masyarakat seperti saya ini yang sudah tua dan tidak punya penghasilan,” harapnya. (Firm)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Wajah Desa