0

BANDUNG, INDONEWS – Guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan calon anggota Persatuaan Wartawan Indonesia (PWI), Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat dan jajarannya mengelar orientasi kewartawanan dan keorganisasian (OJK), di aula PWI Provinsi Jawa Barat, Jalan Wartawan II, Nomor 23, Kota Bandung, Senin (30/10/2023).

Kegiatan dibuka langsung Ketua PWI Pusat, Hendry CH Bangun didampingi Sekjen Pusat, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat. Sementara pesertanya, sebanyak 81 wartawan dari berbagai daerah di Jawa Barat.

OKK kali ini diisi dengan beberapa materi, di antaranya  Sejarah PWI dan keorganisasian, mengenal rambu-rambu pers, teknik menulis berita, transpormasi media dan tantangan wartawan, dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun menyampaikan bahwa OKK yang diselenggarakan PWI Jabar kali ini, 90% diikuti peserta yang mengikuti UKW program Jabar tahun 2023.

“OKK kali ini diikuti hampir 90 % calon anggota PWI yang sudah lulus UKW tahun 2023, diharapkan bisa lulus semua dan bisa menjadi anggota PWI,” katanya.

BACA JUGA :  Eni Sumarni Hadiri Ultah Perwari Jabar

Ia menjelaskan sejarah berdirinya organisasi PWI, bagian dari mengawal perjuangan dalam merebut kemerdekaan Indonesia dengan memberitakan penjajahan zaman kolonialisme di Indonesia, melalui media, tulisan dan berdiri paling pertama.

“PWI berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta. Tanggal tersebut juga disebut sebagai Hari Pers Nasional. PWI beranggotakan wartawan yang tersebar di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Hendri menyebutkan, bahwa PWI merupakan organisasi terbesar dan tertua di Indonesia. Anggotanya untuk saat ini kurang lebih sebanyak  1.200 orang.

Di tempat sama, Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengatakan, OKK bertujuan meningkatkan wawasan calon anggota PWI agar lebih luas pengetahuan tentang organisasi dan juga kewartawanannya.

“Tujuannya untuk meningkatkan wawasan calon anggota PWI dan juga memperluas pengetahuan wartawan tentang pers agar lebih memahami Kode Etik Jurnalistik,” katanya.

Ia berharap, kegiatan ini memberikan manfaat khusus pada semua calon anggota yang akan bergabung dengan organisasi PWI.

“Semoga acara ini bisa bermanfaat, dan semua calon anggota bisa lulus dalam mengikuti OKK tahun 2023,” tutupnya. (Firm)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Ragam