0

BOGOR, INDONEWS – Demi melestarikan budaya lokal, Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD se Jabar Jeung Ganjar (Sajajar) bersama Forum Timur Raya (Fatra) melibatkan Karang Taruna Kecamatan Gunung Putri menggelar Pentas Seni Budaya, Wayang Golek, Bazar UMKM, santunan anak yatim di lapangan Cikeas Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pesta rakyat dengan tema Saba Desa Jaga Lembur sekaligus membawa misi Satiis Siliwangi Sajajar Padjadjaran menampilkan Giri Harja 3 Putra dengan Dalang Yogaswara Sunandar didampingi bintang tamu Ki Daus dan Ki Bancet, Jumat (10/11/2023).

Meskipun diguyur hujan, ribuan warga antusias datang untuk menonton pagelaran kesenian Sunda wayang golek dari Giri Harja 3 Putra yang diselenggarakan oleh tim Sajajar, warga dari berbagai kalangan usia sudah ramai memadati lapangan terbuka tersebut.

Ketua Panitia, Badrusalam yang juga ketua Karang Taruna Kecamatan Gunung Putri saat diwawancarai mengatakan, kegiatan ini merupakan pesta rakyat menampilkan pentas seni Wayang Golek yang bertujuan melestarikan budaya lokal dan juga ajang silaturahmi sesama anak bangsa.

BACA JUGA :  Rapat Akhir Terkait Dugaan Penyelewengan Dana di Yayasan Jami'e Membuahkan Hasil

“Pesta rakyat ini ajang silaturahmi dan juga sekaligus demi melestarikan kebudayaan Wayang Golek yang mana saat ini kebudayaan tersebut sudah jarang diminati masyarakat khususnya anak muda dan kaum milenial,” ujarnya.

Selain 12 peserta Pentas Seni, Pesta Rakyat ini juga menggandeng para pelaku usaha di Kecamatan Gunung Putri, khususnya Usaha Mikro Kecil dan  Menengah (UMKM) untuk diperkenalkan pada masyarakat dan juga santunan anak yatim.

“Selain pertunjukan Wayang Golek Kegiatan ini juga menampilkan produk UMKM yang ada di Kecamatan Gunung Putri dan menyantuni 210 anak yatim dan piatu,” katanya.

Di tempat sama, Ketua Umum FATRA, Yudi Sucipta yang juga Ketua Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD Kabupaten Bogor menuturkan, kegiatan ini selain ajang silaturahmi antar masyarakat juga untuk mengajak masyarakat agar peduli untuk melestarikan kebudayaan daerah.

“Selain ajang silaturahmi juga ajang sosialisasi agar cinta kebudayaan daerah,” katanya.

Pesta Rakyat ini juga untuk membantu menggeliatkan animo masyarakat dengan menampilkan beragam pentas seni se Kecamatan Gunung Putri.

BACA JUGA :  Kolaborasi Radio Aliansi Jurnalis Cicurug & El Mitra, Akselerasi Para Musisi

“Disini banyak manfaat kegiatan ini, tujuan kita untuk menghibur masyarakat,” tukasnya.

Untuk diketahui, acara ini dihadiri oleh beberapa kepala desa se Kecamatan Gunung Putri dan juga Anggota Dewan serta tokoh pemuda tokoh masyarakat setempat. (Firm)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Ragam