0

BOGOR, INDONEWS – Pendiri sekaligus pemimpin umum dan pimimpinan redaksi (pimred) Media Indonews (media-indonews.com), Jonny Sirait, A.Md mengajak seluruh wartawan, khususnya yang tergabung di Media Indonews untuk menjadikan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 sebagai momentum meningkatkan ekosistem pers berkualitas.

“Upaya mewujudkan dan meningkatkan ekosistem pers ini tengah dilakukan Dewan Pers dan komunitas media, dengan harapan menciptakan ekosistem dengan kompetisi yang adil (fair level playing field) melalui pengaturan hak penerbit (publisher rights),” ungkap Jonny, di Cibinong, Bogor, Selasa (8/2/2022).

Jonnyu menyepakati, pengaturan itu akan dapat menciptakan jurnalisme berkualitas dan sehat secara ekonomi.

“Saat ini pun pemerintah tengah mendiskusikan secara serius mengenai aturan yang akan ditetapkan. Apakah berbentuk Undang-Undang, Revisi UU, atau Peraturan Pemerintah (PP) atau lainnya,” ucapnya.

Peran Pers

Namun demikian, Jonny pun berharap pemerintah menambah perhatian khusus bagi insan pers dewasa ini, baik dari segi ekonomi maupun ‘mandat’ khusus ke setiap daerah untuk lebih meningkatkan kerja sama dengan insan pers.

BACA JUGA :  DPC KWRI Tubaba Ingatkan Wartawan Jaga Independensi Liputan Pemilu 2024

“Kita tahu, mobilitas pers di manapun itu, termasuk Indonesia, tak bisa lepas dari keberadaan wartawan dalam proses pengumpulan, penyajian, sampai penyebaran informasi bagi masyarakat. Hal ini juga mendukung keberlangsungan program pemerintah, sehingga tidak berlebihan jika kami insan pers meminta perhatian khusus dari pemerintah,” ungkapnya.

Terkait Hari Pers Nasional, tuturnya, bahwa wartawan menyumbang peran ganda dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa. Pertama, kata dia, wartawan sebagai aktivis pers berperan dalam pemberitaan yang membangkitkan kesadaran nasional masyarakat Indonesia semasa masih menjadi negara koloni.

“Kedua, adalah sebagai aktivis politik di mana wartawan bertugas menyulut perlawanan rakyat terhadap kolonialisme agar bisa mencapai kemerdekaan. Bahkan hingga Indonesia bebas dari masa penjajahan, kegiatan pers masih terus berlangsung dan mengambil peran vital dalam mewujudkan cita-cita bangsa setelah merdeka,” ungkapnya.

Dengan adanya peringatan Hari Pers Nasional yang ditetapkan tanggal 9 Februari ini, Jonny berharap keberlangsungan dan kebebasan pers di Indonesia bisa terus berkobar.

“Tentunya dengan turut memerhatikan verifikasi informasi yang akan disampaikan pers sebagai fasilitator warta untuk masyarakat,” tandasnya. (didi)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Headline