0

JAKARTA, INDONEWS – Sekjen BaraJP, Komaruddien Mangunjaya meminta semua pihak, termasuk pemerintah yang tengah gencar melakukan pembangunan agar tetap memperhatikan lingkungan.

“Seperti kita ketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal memulai proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru pada pertengahan tahun ini. Nah kita harap pembangunan tersebut tetap memperhatikan kearifan lokal dan pelestarian lingkungan,” ujar Komaruddien, di Jakarta, Sabtu (12/3/2022).

Komaruddien berpendapat, mega proyek IKN akan menjadi salah satu sentral perhatian yang akan dilakukan mulai tahun ini. Dimana pemerintah bakal membangun infrastruktur jalan, bendungan, dan gedung-gedung pemerintahan untuk kawasan IKN.

“Dalam pembangunan IKN, konsep hijau seperti yang telah dicanangkan harus benar-benar diimplementasikan. Kemudian, saya berharap semua rakyat baik itu kalangan wartawan, NGO ikut mengawasi semua aspek kegiatan pembangunan IKN,” ujar dia.

Komaruddien menegaskan, BaraJP juga konsen ikut mengawasi pembangunan IKN Ini.

“Kita akan optimalkan DPD Bara JP Kaltim untuk mengawasi dan membantu semua kegiatan pembangunan IKN. Pemberdayaan lokal adalah kunci kesuksesan pembangunan di suatu tempat,” kata putra Kalimantan ini.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Purwakarta Dipolisikan Atas Dugaan Penipuan

Menurut dia, penataan semua aspek sangat penting dari suatu pembangunan., termasuk menjaga status lahan.

“Kita tidak ingin ketika nanti pembangunan berjalan, ada yang demo menggugat lahan yang sudah dibangun. Dan ini harus dipastikan clear and clean. Area-area yang ada gambut juga harus diperhatikan,”
kata dia.

Selain itu, Komaruddien juga berharap pemerintah membangun sinergitas denga masyarkat lingkungan, seperti NGO untuk memastikan pembangunan hijau lestari yang juga bagian penting yang harus diperhatikan oleh stakeholder IKN.

“Intinya, konsep hijau, lingkungan lestari harus benar-benar diwujudkan. Karena dengan keseimbangan pelestarian pembangunan, bencana akan terhindar. Jangan sampai alam dirusak karena pembangunan dilaksanakan tanpa berwawasan lingkungan. Manusia harus bersahabat dengan alam. Penataan alam lestati tidak boleh kalah dengan pembangunan. Hidup akan indah bila kita pandai bersyukur menjaga warisan alam,” tandasnya. (Cc)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Headline