0

BEKASI, INDONEWS – Pemerintah Kabupaten Bekasi meresmikan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Lingkungan yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi sekaligus menerima sertifikat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Kegiatan yang disaksikan perwakilan perusahaan dan pengelola kawasan industri tersebut berlangsung di Kantor UPTD Laboratorium Lingkungan, Komplek Pemkab Bekasi Cikarang Pusat, Kamis (28/12/2023).

Acara dibuka dengan penyerahan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) dari perwakilan KAN kepada Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, didampingi Sekda Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi.

Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Dinas Lingkungan Hidup, maupun jajaran UPTD, atas kerja kerasnya sehingga proses akreditasi yang sudah bertahun-tahun ini dapat diselesaikan. Menurutnya UPTD ini menjadi bagian penting penyeimbang antara banyaknya industri dengan dampak lingkungan hidup dapat terkendali.

“Kehadiran UPTD ini tentunya bisa mewujudkan supaya dampak dari lingkungan dari aktivitas industri ini bisa kita kendalikan. Dan ini juga bisa menjadi jalan berbagai persoalan di Kabupaten Bekasi bisa kita urai dan kita selesaikan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bireuen Minta Orangtua Jaga Anaknya Agar Tidak Keluyuran Malam Hari

Dani menerangkan sesuai dengan keterangan perwakilan pemerintah pusat, UPTD Laboratorium Lingkungan Kabupaten Bekasi menjadi yang ke-10 di Provinsi Jawa Barat dan yang ke-120 di tingkat pusat. Mengenai statusnya bersifat mandiri sekaligus berada di posisi yang strategis di tengah kawasan industri.

Selain itu UPTD ini juga bisa menopang pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Bekasi.

“Kita selama ini baru bisa mengatakan industri harus tertib, taat aturan, standar mutu lingkungan, tapi kita kemarin belum punya lab-nya. Dengan adanya lab yang kita miliki sendiri kita bisa lebih tegas, karena proses analisis pengambilan datanya bisa cepat dari hasil lab, apalagi bidang lingkungan,” jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Syafri Doni Sirait berharap dengan terakreditasinya UPTD ini ke depan mampu meningkatkan kompetensi dan kualitas layanan. Ini akan bersejalan dengan meningkatnya kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Bekasi.

“Ini mengalami proses yang panjang ya, tapi akhirnya bisa sampai hari ini terakreditasi KAN. Kita tahu akreditasi KAN ini sangat ketat, soal verifikasi datanya baik fisik administrasi maupun teknisnya. Termasuk SDM nya, tapi bersyukur kita bisa melakukannya dengan baik,” pungkasnya. (adv/hen)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Adventorial