0

DEPOK, INDONEWS | Acara sosialisasi Tata Kelola Penggunaan dan Pelaporan BOSP Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Tahun 2024 digelar di Aula Serbaguna Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Jumat (8/3/2024).

Dalam sambutannya, Sutarno mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Depok melaksanakan sosialisasi tata kelola dan penggunaan dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP).

Sosialisasi menyasar 206 bendahara Sekolah Dasar (SD) Negeri se Kota Depok. Penyaluran BOSP dilaksanakan dua kali atau dua tahap dalam satu tahun.

“Ada aturan maupun mekanisme, dimana dalam penyaluran BOSP harus dipahami satuan pendidikan khususnya bendahara,” katanya, dalam sambutan Sosialisasi Tata Kelola Penggunaan dan Pelaporan BOSP Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Tahun 2024.

“Alhamdulillah awal tahun ini dana BOSP telah cair 100 persen. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk penyaluran tahap dua, karena jika BOSP tahap I silpa, maka akan ada pengurangan BOSP ditahap dua. Untuk itu, mekanismenya kami bahas pada sosialisasi ini,” ungkap sekdis.

“Penggunaan dana BOSP harus diperhatian lebih serius. Baik penerimaan, penyaluran, pertanggungjawaban dan pelaporan,” katanya.

BACA JUGA :  Kondisi SMPN 1 Peusangan Bireuen Menyedihkan, Butuh Bantuan Pemerintah

Dalam tata kelola penggunaan BOSP, Disdik memiliki tiga peran. Di antaranya, perencanaan, pendampingan dan pelaporan.Dimana Perencanaan menjadi tanggung jawab satuan pendidikan masing-masing, karena mekanisme tahapannya sudah melalui sistem.

“Mudah-mudahan melalui sosialisasi ini, seluruh bendahara disatuan pendidikan bisa paham terhadap mekanisme dan aturan yang berlaku, agar meminimalisir adanya kesalahan,” katanya.

Untuk pertanggung jawaban, katanya, ada dua kali pelaporan penyaluran pertama untuk mendapat BOSP kedua dan laporan akhir tahun.

Terakhir, pelaporan ini agar tata kelola penyaluran BOSP ini sesuai yang diharapkan, sehingga dana BOSP bisa tepat dan cepat. Tepat sesuai aturan dan cepat sesuai dengan waktunya. (Gustini)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Pendidikan