0

BOGOR, INDONEWS – Pembangunan jalan desa di Kampung Karacak Kaum, RT 18/07, Desa Cariu, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat jadi sorotan.

Pasalnya, pembangunan yang baru dikerjakan dua hari tersebut dinilai tidak transparan karena tanpa papan kegiatan, seperti halnya pembangunan jalan desa lainnya.

Warga berinisial A saat ditemui di lokasi mengatakan, pembangunan tersebut baru dikerjakan dua hari, tapi ia mengaku tidak tahu anggarannya dari mana.

“Ya baru dikerjakan dua hari yang lalu. Enggak tahu volumenya berapa, apalagi nominal anggarannya saya gak faham karena sewaktu pengerjaan tidak ada informasi dari pekerja maupun TPK ke masyarakat,” kata A.

Sementara itu, Sekertaris Desa Cariu saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp tidak menjawab, alias bungkam.

Untuk diketahui tidak dipasangnya papan informasi proyek pada kegiatan pembangunan, bertentangan dengan keterbukaan dan transparansi yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Akibat tidak adanya papan informasi, masyarakat tidak bisa mengetahui untuk turut mengontrol pembangunan yang sedang berjalan, seperti sumber anggaran, volume kegiatan, pelaksana kegiatan dan sebagainya.

BACA JUGA :  BLT-DD Kembali Cair, Ratusan KPM Senyum Manis

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Perpres Nomor 54 tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 tahun 2012 diatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan informasi proyek. (Jaya)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Wajah Desa