0

BIREUEN, INDONEWS | Sebanyak 23 siswa SMK Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen berhasil lulus masuk keperguruan tinggi melalui jalur undangan atau sekarang dikenal dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024.

Keberhasilan yang diraih siswa SMK Negeri 1 Peusangan sangat disyukuri pihak sekolah. Dimana selama ini mereka terus berupaya membuat yang terbaik, agar seluruh siswa memiliki skill yang andal sesuai mimat dan bakat mereka.

Hal ini dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen, Joko Triyanto ST, Sabtu (30/3/2024) di ruang kerjanya.

Disebutkan bahwa walau mereka mendapatkan kelulusan di perguruan tinggi melalui jalur undangan atau SNBP pada tahun 2024, para siswa berantusias untuk menyambung sekolah mereka, akan tetapi kendala yang sangat besar adalah terbatasnya anggaran, sehingga ada siswa yang tidak mampu lagi untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, namun hal ini juga tidak dapat kita paksakan.

“Tergantung semuanya pada keluarga mereka, lanjut atau tidaknya anak mereka untuk meneruskan pendidikan,” kata Joko.

Disamping itu, Joko Triyanto berharap kepada para orangtua siswa yang memiliki kemampuan, supaya bisa melanjutkan anaknya untuk bisa  meneruskan pendidikan di pergurian tinggi melalui jalur undangan, sebab kesempatan seperti ini belum tentu bisa dapatkan begitu saja.

BACA JUGA :  Kepala SDN Rawa Ilat Keluhkan Rehab Sekolah Belum Selesai, KBM Jadi Terganggu

“Jalur undangan adalah mekanisme seleksi masuk perguruan tinggi yang diperuntukkan bagi siswa-siswi terbaik di jenjang SMA/SMK/MA tanpa mengikuti ujian tertulis. Seleksi melalui jalur undangan dikenal dengan istilah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi atau SNMPTN atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP),” tandasnya. (Hendra)

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Pendidikan